Surabaya, Bacatrend.com – Pasangan capres – cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN)  menghadiri acara bertajuk Diskusi & Diseminasi Mahasiswa Mendebat Capres – Cawapres. 

Dihadiri ribuan mahasiswa dari berbagai kampus di Jawa Timur (Jatim), acara yang digelar di DBL Arena, Surabaya pada Rabu (22/11/2023) petang itu berlangsung cukup meriah.

Di hadapan ribuan mahasiswa yang hadir, Anies mengungkapkan soal misi perubahan yang diusungnya, diantaranya terkait pemerataan pendidikan untuk semua kalangan. 

“Sudahkah kebijakan – kebijakan pendidikan kita menghadirkan keadilan?, sudahkah kesempatan yang sama bagi anak – anak dari keluarga yang latar belakang ekonominya kuat, ekonomi menengah, ekonomi lemah, apakah mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di seluruh Indonesia. Bila jawabannya belum, maka itulah agenda perubahan yang ingin kita dorong,”  kata Anies yang langsung disambut tepuk tangan para mahasiswa.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Muhaimin Iskandar mengajak mahasiswa untuk bersama menjaga demokrasi seutuhnya. Ia juga sempat mengungkapkan kerinduannya atas gerakan mahasiswa yang ia nilai beberapa tahun ini tidak begitu terdengar kritis terhadap pemerintah.

‘ Yang dibutuhkan hari ini bukan sekedar pemerintah yang terbuka, tetapi kampus – kampus yang terlampau lama diam tak bersuara, kampus saatnya bicara menyampaikan kritik atas apa yang sekarang terjadi,” ujar Muhaimin.

Usai keduanya berpidato, acara dilanjutkan sesi tanya jawab. Dalam sesi tersebut mahasiswa tak hanya membahas isu lokal, namun mereka juga mengusung isu internasional.