Surabaya,Bacatrend.com – Seorang konten kreator, Tjhin Jiu Min mengaku kecewa lantaran akun tiktoknya bernama @skyming.21 mendadak dibanned oleh pihak tiktok tanpa ada pemberitahuan lebih dulu. Padahal, jumlah pengikutnya sudah hampir dua juta follower.

“Ini sudah ketiga kalinya akun saya dibanned tanpa ada pemberitahuan lebih lanjut,” ungkapnya.

Baca : Perjalanan Gilga Sahid, Penyanyi Café Naik Daun Jadi Penyanyi Pop Jawa Terkenal

Tjhin menjelaskan, setahun lalu ada saldo uang sebesar 30 juta di akunnya. Namun mendadak akunnya tidak bisa dibuka. Tak ayal, ia terpaksa merelakan saldonya hilang lantaran tak bisa dicairkan.

Ia pun kembali membuat akun baru. Namun, hanya berjalan beberapa bulan saja, akun barunya mengalami hal yang sama. Tidak bisa dibuka, dan saldo Rp10 juta pun hilang.

“Nah, beberapa bulan kemarin saya bikin akun baru lagi. Ini akun yang ketiga dengan nama @skyming.21 mendadak tidak bisa dibuka. Ada saldo puluhan juta dari give saat live yang di akun ini juga hilang,” ungkapnya.

Dalam pengakuannya, saat itu ia sedang melakukan live di toko teman lewat akun tiktoknya. Namun di tengah live, tiba tiba putus dan akun tidak bisa dibuka.

“Saya sempat kirim email, katanya diduga ada pelanggaran. Tetapi video dikembalikan pertanda tidak ada pelanggaran. Anehnya, tetap saja tidak bisa dibuka, dan uang tidak kembali,” sambungnya.

Baca : Komunitas Emak Emak Jombang Apresiasi KPU Sukses Gelar Pemilu 2024

Ia pun mengajukan banding ke tiktok lewat email, dan ada balasan tetapi sangat ribet. Akun tidak bisa dipulihkan, bahkan diikuti juga tidak bisa. Nama akun tidak bisa dibuka.

Atas kejadian tersebut, ia juga khawatir jika ada ada akun palsu yang memanfaatkannya, semisal dipakai untuk meminta-minta.

“Makanya saya berharap, tiktok tidak sekedar memblokir. Jika ada pelanggaran, mimimal ada pemberitahuan lebih dulu. Kalau tidak ada pelanggaran, harusnya akun bisa pulih secara otomatis,” tutupnya.