Surabaya, Bacatrend.com – Universitas Dinamika (Undika) Surabaya membuat terobosan baru di dunia pendidikan dengan menghadirkan sistem kuliah yang dapat diakses fleksibel. Dikenal sebagai Undika Futuristic Learning (UFL), sistem ini menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih mudah dan hemat biaya.

Rektor Undika, Prof. Budi Jatmiko, menjelaskan bahwa UFL adalah perpaduan cerdas antara pembelajaran tradisional dan teknologi modern. Pendekatan ini terus memprioritaskan efisiensi, kualitas, dan produktivitas dalam proses belajar-mengajar. “Kami tak hanya mengadopsi metode pembelajaran online biasa, melainkan juga menggunakan aplikasi ‘My Brilian’ yang dikembangkan oleh dosen-dosen Undika sendiri,” papar Budi dalam Konferensi Pers di kampus pada Rabu (30/8/2023).

Melalui aplikasi tersebut, Budi melanjutkan, semua aspek pembelajaran seperti materi, informasi, dan aktivitas dapat diakses dan diatur sesuai standar pendidikan yang tinggi. Mahasiswa dapat lebih mudah berpartisipasi dalam pembelajaran dan memiliki akses terstruktur ke semua sumber daya yang diperlukan.

Budi menyatakan bahwa inovasi ini tak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide baru, tetapi juga mendukung program Kampus Merdeka yang diusung oleh pemerintah. Salah satu keuntungan lain dari sistem pembelajaran ini adalah kemampuan mengurangi lalu lintas dan dampak positifnya terhadap lingkungan, dengan penurunan emisi gas di kota Surabaya.

“Kami berharap bahwa model pembelajaran Futuristic Learning ini bisa diadopsi oleh universitas lain, terutama yang memiliki banyak mahasiswa. Mahasiswa tak perlu hadir di kampus, karena mereka dapat belajar dari rumah, kantor, atau di tempat lain,” tambah Budi dengan semangat.

Ketua tim UFL, Vivine Nurcahyawanti, menegaskan bahwa sistem pembelajaran ini tak hanya sebatas daring, melainkan memberikan fleksibilitas yang tetap terarah. “Perbedaannya terletak pada fleksibilitas yang tetap terkontrol. Ini memberi kesempatan bagi mahasiswa yang punya pekerjaan atau usaha tambahan,” terangnya.

Vivine juga mengungkapkan bahwa sebagian besar praktikum juga bisa dilakukan secara daring. Meskipun demikian, beberapa program studi tetap akan memerlukan kehadiran fisik di kampus untuk praktikum tertentu. “Untuk program studi seni atau komputer misalnya, kami akan mengatur jadwalnya agar mahasiswa bisa merencanakan kunjungan ke kampus,” lanjutnya.

Sistem pembelajaran Futuristic Learning diterapkan pertama kali di Undika untuk angkatan mahasiswa baru tahun 2023. Model pembelajaran ini sejalan dengan visi misi Undika yang mendorong produktivitas dan inovasi di kalangan mahasiswa. Dengan adanya UFL, Undika menunjukkan komitmennya untuk terus beradaptasi dan memberikan pendidikan berkualitas di era digital yang terus berkembang.