Sumedang – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk mendengarkan aspirasi warga Jawa Barat dalam mengusung Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil menjadi calon presiden (Capres).

“Saya ainal yakin bahwa masyarakat Jawa Barat menginginkan Pak Emil jadi calon presiden dari PPP, termasuk di Kabupaten Sumedang, di mana bupatinya hadir, masyarakatnya hadir,” terang UU kepada detikJabar disela-sela acara peringatan Hari Lahir (Harlah) Ke-50 PPP DPW Sumedang di Alun-alun Sumedang, Minggu (15/1/2023) pagi.

Uu meminta DPP PPP memperhatikan aspirasi para kadernya di daerah. Ia pun meyakini Ketum PPP akan bijaksana dalam mengambil keputusan. “Sekalipun harus melalui mekanisme tapi mekanisme itu jangan dinodai oleh kepentingan kelompok-kelompok yang tidak ingin membesarkan PPP,” ucapnya.

Menurut Uu, momen politik menjadi momen pertarungan bagi beberapa kepentingan. Termasuk dalam Mukernas PPP terkait pemilihan Capres yang diusungnya nanti. “Kan melalui Mukernas ya, dimana Mukernas ini akan menentukan siapa yang akan diusung, harapan kami para kader-kader yang ada lihat, dengar aspirasi masyarakat Jawa Barat yang menginginkan pak Emil jadi Capres dari PPP,” kata Uu.

Uu menilai, sosok Ridwan Kamil sangat layak untuk diusung sebagai Capres dari PPP dengan berbagai pertimbangan. “Pak Emil itu seksi, sekarang gubernur, lalu kedua membawahi masyarakat dengan jumlah hak pilih 38 juta dan 22 persen tingkat nasional ada di Jawa Barat dan hasil survei 82 persen menginginkan pak Emil jadi presiden,jadi di saat pak Emil maju maka masyarakat Jawa Barat akan bersatu mendukung pak Emil,” tuturnya.

Uu pun berharap sosok Emil akan dilirik oleh para ketua partai yang akan bertarung dalam pemilu 2024 mendatang. “Semoga statement dari Ketum PPP tadi (mendukung Emil) menjadi ketertarikan bagi para Ketum partai lainnya,” katanya.